The Year Of Pey 5780 (Part 2)

Setiap tahun-tahun Ibrani disebut Tahun-tahun yang Baik sebagaimana ketika mereka masuk ke tahun yang baru mereka mengucapkan satu sama lain “L’Shana Tova Tikatev Vetekatem” (Biarlah engkau terukir di dalam tahun-tahun yang baik). Karena memang filosofi dari bangsa Yahudi adalah setiap tahun merupakan tahun-tahun yang baik. Akar kekristenan kita berasal dari Yahudi. Oleh sebab itu kita harus mengikuti penanggalan-penanggalan Yahudi karena seperti apa yang telah saya selidiki bahwa di dalam penanggalan-penanggalan Yahudi itu selalu berbicara mengenai rahasia-rahasia profetik yang sangat dalam. Banyak orang berkata bukankah YESUS sudah cukup? Untuk apa kita mengikuti kalender Ibrani. Memang YESUS sudah cukup, akan tetapi ketika kita hendak masuk kepada kedalamanNya, kalender Ibrani itu membawa kita masuk untuk memahami perjalanan-perjalanan yang TUHAN bawa atas mereka. 

Bayangkan bagaimana rasul Paulus mendapat tugas untuk melayani bangsa-bangsa lain. Paulus diutus kepada bangsa-bangsa lain supaya bangsa lain itu menerima berkat yang sama. 

Roma 16:25 (TB)  Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, — menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,

Roma 11:17 (TB)  Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah,

Sekali lagi disini Rasul Paulus sedang berbicara tentang apa yang menjadi bagian dari bangsa Yahudi yang juga dapat menjadi bagian kita semua. Kita telah dicangkokkan kepada pokok zaitun yang benar dimana carang asli ada disitu. Sebelumnya kita adalah carang-carang yang liar tetapi oleh karena Kasih Karunia kita di cangkokkan menjadi satu bersama-sama dengan carang yang asli sehingga kita akan menerima berkat dari akar pohon zaitun yang penuh dengan getah. Ini bukan berkat biasa-biasa, akan tetapi ini berbicara tentang sesuatu penyingkapan yang sangat dalam ketika kita terkoneksi dengan tahun-tahun Ibrani. 

Perlu saya beritahukan bahwa tahun Ibrani itu seperti siklus yang terus berputar naik. Setiap tahun mereka selalu memiliki pesan. 5780 itu mereka mengambil angka 80 itu merupakan siklus tahun mereka yang adalah 10 tahun siklus. Siklus 10 tahun itu juga sebenarnya merupakan bagian dari Doa Nabi Habakuk. 

Habakuk 3 : 2 TUHAN, telah kudengar kabar tentang Engkau, dan pekerjaan-Mu, ya TUHAN, kutakuti! Hidupkanlah itu dalam lintasan tahun, nyatakanlah itu dalam lintasan tahun; dalam murka ingatlah akan kasih sayang! 

Persepuluh tahun atau setiap 10 tahun mereka memasuki tahun yang baru : 10 tahun Ayin, 10 tahun Samech, 10 tahun Pey. Setiap 10 tahun berbicara mengenai satu dekade yang baru. Dan itu memiliki pesan yang sangat dahsyat dimana memang semuanya itu mengacu kepada YESHUA. Tetapi bagaimana orang Israel merenungkan tahun-tahun yang ternyata memiliki pesan yang tersirat yang harus kita pahami untuk kita temukan. Apakah dalam siklus 10 tahun itu kita menerima tuntunanNya itu seperti apa. 

Seperti misalnya kita baru saya melewati 10 tahun yang disebut dengan tahun Ayin. Ayin Aleph, Ayin Hey, Ayin Gimel dan Ayin Dalet terus sampai seterusnya. Seperti juga sebelumnya tahun lalu 5779 kita melewati tahun Ayin Tet. Dan sekarang kita memasuki siklus 10 tahun yang baru. Berarti 10 tahun LAGI TUHAN menyediakan berkat akar pohon zaitun yang baru, yang fresh yang akan engkau terima di dalam 10 tahun baru ini. Dan di dalam putaran 10 tahun yang baru ini, apa yang Roh Kudus bukakan kepada saya merupakan satu siklus yang sangat luar biasa. Yang tidak main-main karena dari siklus-siklus yang ada menurut saya apa yang dibukakan kepada saya ini, siklus tahun yang ke-80 yaitu Pey. Ini merupakan siklus yang sangat luar biasa dimana TUHAN akan menyatakan banyak hal yang mungkin kita tidak pahami. Kita akan mengalami hal-hal yang dahsyat hal-hal yang luar biasa yang TUHAN mau supaya kita terima dengan penuh. Karena itu memasuki tahun 5780 kita tidak memasuki nya begitu saja. Tetapi kita perlu perenungan yang kuat yang memiliki sela yang kuat.  Sesudah ini kita akan memasuki satu pengalaman kemuliaan TUHAN yang sangat besar yang belum pernah terlihat di masa yang lalu. Siklus yang baru, Tahun Pey 5780 ini kita akan memasuki satu pengalaman yang dahsyat. 

Pey : 80 yang dibaca Phe terambil dari kitab Yohanes 15:7

Yohanes 15:7 (TB)  Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Ini bukanlah sekedar perkataan yang YESUS lepaskan pada waktu itu. Akan tetapi ini betul-betul merupakan perkataan yang tidak pernah dialami sebelumnya oleh manusia. Ini berbicara tentang, “jika kamu tinggal di dalam aku, kalau kamu tinggal di AtmosfirKU, kalau kamu tinggal di dalam AlamKU.” Itu berbicara bahwa jika kita tinggal di dalam Dia maka kita akan mengalami semua berkat yang ada di dalam DIA. Oleh sebab itu apabila kita memiliki kebiasaan-kebiasaan lama dalam hidup kita, kita harus menanggalkan semua itu maka kita akan benar-benar mengalami apa DIA sediakan. 

Tahun 5780 ini bukan tahun biasa-biasa. Tetapi ini memiliki pengertian yang sangat dalam. Pey itu sendiri merupakan urutan yang ke-17 dari 22 huruf Ibrani yang ada pada waktu itu. Dan kenapa urutannya yang ke 17 karena memang TUHAN sendiri yang mengaturnya demikian. Dan setiap urutan itu sendiri memiliki arti yang sangat luar biasa. Pey itu memiliki value 80 yang akan kita terjemahkan pelan-pelan satu persatu dari apa yang TUHAN katakan tentang huruf Pey ini. Kalau kita betul-betul menyelaraskan diri dari apa yang TUHAN katakan maka kita akan mengalami berkat yang baru, yang TUHAN sediakan untuk kita semua. Jadi setiap huruf Ibrani itu bukan hanya memiliki nilai, tetapi juga memiliki arti. 

Pey itu :

  1. Mulut (Mouth)
  2. Perkataan (Words)
  3. Deklarasi (Declaration)
  4. Permulaan yang baru (New Beginning)
  5. Terang ( Light)
  6. Kemuliaan(Glory)
  7. Kepenuhan(Fulness)
  8. Berkat (Blessing)

Ini merupakan hal-hal yang harus dibukakan. Dan itu harus dinyatakan ketika kita sepakat untuk masuk di dalamnya. Seperti yang telah dikatakan dalam kitab Yohanes 15:7, kita harus betul-betul tinggal di dalamnya. Karena kalau kita tinggal di dalamnya banyak hal-hal yang akan TUHAN bukakan. 

Huruf Pey itu sendiri memilik 2 kombinasi dari huruf Ibrani. Yang pertama,

  1. Kaf itu adalah Telapak tangan yang terbuka
  2. Yud itu adalah Tatanan ILLAHI ; KETUHANAN

Dan kombinasi yang kedua:

  1. Beth itu berbicara tentang Rumah
  2. Yud itu berbicara tentang Tatanan; ILLAHI; KETUHANAN

Kalau kita tangkap dari dua kombinasi kata ini, kita mengerti bahwa ada satu pesan yang luar biasa. Yang pertama Kaf dan Yud berbicara tentang bagaimana DIA menyodorkan tangan-Nya. Bagaimana DIA mau membawa kita masuk kepada pengalaman yang baru. Bagaimana DIA menyambut kita semua. DIA menyodorkan untuk kita masuk kepada KETUHANAN-NYA. 

Jadi Kaf dan Yud itu berbicara tentang bagaimana tangan-Nya yang terbuka menjangkau kita semua untuk kita masuk kedalam KEILLAHIAN-NYA,dan dalam KETUHANAN-NYA. 

Sedangkan arti dari kata yang kedua, Beth yang adalah Rumah dan Yud yang adalah KETUHANAN dan KEILLAHIAN-NYA yaitu ketika kita tinggal di dalam DIA, di dalam rumah-Nya maka apa yang tersedia untuk kita semua untuk kita alami bersama-sama. Apa yang sudah tersedia, apa yang TUHAN sudah siapkan itu akan menjadi bagian kita semua. Asalkan kita betul-betul menangkap dan kita selaras dengan apa yang DIA katakan. 

Karena begini, untuk TUHAN mempersilahkan kita masuk dan mengalami kedalaman-Nya, KETUHANAN-NYA. Untuk kita masuk mengalami hal-hal yang dahsyat di dalam rumah-Nya maka kita harus sepakat dengan apa yang dikatakanNya. Kalau kita tidak sepakat, bagaimana kita dapat mengalami apa yang DIA sediakan. Bagaimana kita akan mengalami kuasaNya, bagaimana kita mengalami KETUHANAN-NYA kalau kita tidak betul-betul melakukan penyelarasan dengan firman-Nya. 

Karena itu di tahun Pey 5780 ini kita harus betul-betul mengadakan penyelarasan sampai hati kita, pikiran kita dan ucapan kita betul-betul selaras dengan apa yang firman TUHAN katakan. Kalau kita tidak berjaga-jaga dengan perkataan kita, kalau kita tidak berjaga-jaga dengan mulut kita maka firman tidak akan pernah tergenapi dalam hidup kita. Tetapi apabila kita berjaga-jaga dengan perkataan kita sendiri dan berjaga dengan sikap kita. Berarti kita sedang masuk dalam KEILLAHIAN dan juga kita sedang masuk kepada tatananNya DIA. Maka kita akan melihat apa yang DIA sediakan sangat luar biasa. 

Kalau kita lihat Pey 5780 ini sebagai FirmanNya (Pey As HIS word). Arti dari gambar ini adalah sesuatu yang berasal dari Perkataan yang keluar dari mulut-Nya dan perkataan itu merupakan sesuatu yang keluar dari dalam hati TUHAN sendiri. Dan tanganNya membawa perkataan TUHAN itu kepadamu dan TUHAN mau supaya kamu masuk di dalamnya. 

Yesaya 55 : 11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. 

Firman yang keluar dari dalam hatiNya, dari mulutNya. Tidak akan kembali dengan sia-sia. Kita akan mengalami hal-hal yang luar biasa ini. Tetapi hanya bagi orang-orang yang sepakat dengan firman-Nya. Karena di tahun Pey  5780 ini TUHAN melihat jauh kepada kedalaman hatimu. Ketika Pey itu keluar dan tanganNya membawa perkataan itu kepadamu, berarti DIA sedang memperlihatkan Hati-Nya. Tentunya jika DIA sedang memperlihatkan hatiNya maka DIA juga sedang memperlihatkan hati kita masing-masing. Apakah kita memiliki kerinduan yang sama seperti DIA maka kita juga akan memiliki kedalaman. Dalam hal ini kita melihat bagaimana TUHAN sedang memperlihatkan bagaimana kedalamanNya di dalam perkataan-Nya. Karena kedalamanNya itu diberikan kepadamu maka DIA sedang menyediakan seluruh kekayaan-Nya kepadamu. Bagaimana TUHAN sedang menyatakan apa yang harus tergenapi dari seluruh perkataan-Nya hari-hari ini. 

Sebuah awal yang baru, kenapa dikatakan juga sebuah awal yang baru? Karena ketika kita memasuki siklus Pey ini, setiap kita akan dibawa atau dipersilahkan oleh DIA untuk masuk kepada kedalaman-Nya. Masuk kepada dekade yang baru. 10 tahun yang baru yaitu Pey ini. DIA sedang memperkenalkan perkataan-Nya. DIA sedang mengeluarkan tangan-Nya dan membawa perkataan yang keluar dari dalam hati-Nya. DIA sedang membawa kita masuk kedalam misteri kedalaman. Misteri kedalaman. DIA mau supaya kita masuk  kepada seluruh kepenuhan yang ada.  

Jadi tahun ini adalah tahun yang penting untuk kita masuk bersama. Mungkin ada diantara saudara sedang mengalami pergumulan yang begitu berat dalam hidup saudara. Saya harus katakan, untuk kita masuk kedalam tahun Pey ini perlu satu perjuangan, satu keterbukaan, perlu satu ELUL supaya ketika kita masuk kepada Elul kita betul-betul mengalami Teshuvah. Hati kita terbuka di hadapan DIA, tidak ada yang tersembunyi dan kita sembunyikan di hadapan DIA. Sebab sebagaimana TUHAN pun menyatakan hatiNya kepada kita. Dan ketika kita datang kepada DIA dengan bersungguh-sungguh maka DIA akan membawa kita untuk masuk kepada dekade yang baru yang saya sebut sebagai Dekade Kedalaman Firman, dekade kedalam kebenaran-Nya, dekade kedalaman misteriNya dan realita-Nya. Dan DIA mau supaya kita mengalami-Nya. Saya berdoa, bahwa apa yang saudara terima saat ini melalui firman-Nya. TUHAN sedang membawa setiap saudara memasuki dekade kedalaman daripada firman-Nya yang disediakan bagi kita dan kita melihat bagaimana kemuliaan TUHAN akan dinyatakan bagi setiap kita. Ini akan menjadi sebuah permulaan yang baru.

Ini seperti sebuah awal yang baru. Kenapa saya katakan demikian?

Ya, sebagai suatu awal yang baru. Sebagaimana telah saya sampaikan diatas bahwa Pey itu juga berbicara tentang suatu awal yang baru. Jadi ketika TUHAN menciptakan alam semesta :

Yohanes 1 : 1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 

Pada mulanya adalah perkataan TUHAN yang keluar dari mulut-Nya. Jadi berbicara tentang kita sedang memasuki era penciptaan kembali. Kita sedang memasuki era penciptaan yang baru dimana apa yang mungkin di masa yang lalu banyak cacat cela kita. Tetapi kita sedang masuk kepada satu dekade dimana firman-Nya itu sedang dipermuliakan. Satu dekade yang sangat luar biasa. 

YESUS berkata bahwa manusia hidup bukan dari roti saja. Tetapi manusia hidup dari perkataan yang keluar dari mulut TUHAN. 

Matius 4 : 4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” 

Jadi setiap firman yang Peh/Pey, yang keluar dari mulut TUHAN. Manusia hidup dari situ. Ini berbicara tentang the spoken word yang keluar dari mulut TUHAN bukan dari yang lain, melainkan hanya dari mulut TUHAN. Pey itu berbicara tentang perkatan TUHAN dalam satu dekade ini yang adalah 10 tahun. Kita akan memasuki satu dekade dimana setiap perkataan yang keluar dari mulut-Nya itu akan terjadi bagi orang-orang yang berkata Ya pada perkataanNya dan menangkap perkataanNya. Dan itu juga berarti Pemulihan dalam segala sesuatu. 

Kemudian Pey itu sebagai terang. Itu berbicara tentang sesuatu yang sangat luar biasa supaya kita alami bersama-sama. 

Pey 5780 sebagai Light (Terang), 8 itu selalu berbicara tentang New Beginning. Sebagai Terang di dalam permulaan yang baru. 

Kejadian 1 : 3 Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. 

Terang itu berbicara tentang perkataan yang keluar dari mulut TUHAN. Waktu firman TUHAN itu berkata jadilah terang (Let there be light). Sebagaimana kita ketahui dalam Matius 19, TUHAN pernah berkata tentang penciptaan kembali. 

Matius 19 : 28 Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel. 

Kita akan melihat satu misteri yang disampaikan melalui firman ini. Kalau kita tidak terkoneksi dengan tahun-tahun Ibrani, kita tidak tahu kapan waktu penciptaan kembali. Sebagaimana Roh Kudus nyatakan kepada saya, ketika ada perkataan Jadilah terang! Pada mulanya adalah firman. Itu adalah satu tanda bahwa waktu penciptaan kembali. Jadi ketika manusia harus bertahta maka anak manusia bertahta diatas kemuliaan. Ini berbicara tentang penggenapan yang harus tergenapi. Yang disebut sebagai waktu Restorasi atau penciptaan kembali, kapan? Kita bisa melihat pada waktu alam semesta diciptakan itu semua keluar dari mulut TUHAN adalah Let there be light.

 Kenapa Let there be light? Karena terang atau light itu berbicara tentang tuntunan. Itu juga berbicara tentang kepastian,bimbingan dan jaminan. Jadi apa yang TUHAN katakan di hari-hari ini sangat luar biasa. Kita akan mengalami kepastian dari perkataanNya. Musuh tidak bisa menghalang-halangi. Bahkan pada waktu penciptaan kembali, tidak ada satu musuh yang dapat merusak, tidak ada satu musuh yang dapat menggagalkan apa yang TUHAN sedang genapi. Apapun yang sedang saudara alami, apapun yang sedang saudara gumulkan dalam kehidupan saudara. Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, kalau TUHAN sudah menetapkan semua maka tidak ada musuh yang dapat membatalkannya. 

Saya juga menyampaikan pesan bagi bangsa Indonesia bahwa apa yang TUHAN sudah tetapkan atas bangsa Indonesia tidak akan pernah bisa dibatalkan! Sebab bangsa ini akan mengharumkan nama-Nya. Bangsa ini akan memuliakan nama-Nya. 

Ini adalah era yang sangat luar biasa. Lewat firman kita akan melihat kejadian-kejadian semakin nyata di sekeliling kita, bagaimana TUHAN menggenapi firman-Nya. Bagaimana seluruh alam meresponi apa yang TUHAN katakan, let there be new beginning! Let there be light! Dan apabila kita memahami maka kita akan dipakai TUHAN untuk menjadi saksi. 

By : Timothy Parengkuan (Restoration Community Founder)

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *