Bulan Nisan

By : Timothy Parengkuan

Bulan Nisan merupakan bulan sejarah dimana bangsa Israel memperingati satu hari dimana mereka dilepaskan dari perbudakan di Mesir selama 400 tahun lamanya. Namun ketika TUHAN menyampaikan nubuatan jauh-jauh hari kepada Abraham, akhirnya bangsa Israel pun bisa keluar dari perbudakan Firaun.  Dalam satu malam mereka dilepaskan oleh satu tanda darah. Saya hendak mengupas hal ini karena kita sedang memasuki bulan Paskah (Bulan Nisan). Tidak banyak orang Kristen tahu tentang bulan ini. Bulan Nisan sangat penting bagi bangsa Israel namun juga sangat penting bagi kita.

Pesakh (Paskah dalam Bahasa Ibrani) yang sekarang, tahun 5780 ini merupakan Pesakh yang sangat luar biasa yang akan dialami oleh semua manusia dibawah kolong langit ini, yang percaya akan karya terbesar Yeshua Hamasiakh (Yesus Kristus). Kita bisa melihat contoh dari Bangsa Israel yang merupakan satu bangsa yang sungguh luar biasa. Mereka mengalami kelepasan yang ajaib dan kelepasan ini terjadi oleh karena satu saja, yaitu tanda darah binatang. Tanda darah binatang saja, mampu melepaskan bangsa Israel dari perbudakan. Pesan ini bukan hanya satu pesan historikal. Tetapi pesan ini merupakan pesan dari tahun ke tahun.

Saat ini kita sedang berada di tengah-tengah suasana yang tidak enak. Ditengah-tengah suasana yang menakutkan. Suasana kegelapan menutupi bumi, menutupi bangsa-bangsa. Tetapi TUHAN memiliki momentum bukan hanya untuk bangsa Israel. TUHAN juga memiliki momentum untuk kita semua. Dan di dalam masa Pra Paskah di bulan Nisan, mari kita renungkan baik-baik dan bersykur bahwa kita tiba kedalam bulan yang di deklarasikan oleh orang Yahudi dimana ini merupakan bulan mereka mengalami kelepasan yang sangat luar biasa. Ini bulan penentu, ini momentum penentu. TUHAN memerintahkan kepada Bangsa Israel melalui Musa agar Bangsa Israel tinggal di dalam rumah, stay at home. Kemudian Bangsa Israel harus menaruh tanda darah diambang-ambang pintu rumah mereka. Lewat tanda darah yang TUHAN perintahkan kepada Musa, maka malaikat tidak dapat memasuki rumah-rumah yang memiliki tanda darah itu.

Keluaran 12:2 “Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.

Keluaran 12:12 Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah, TUHAN.

Keluaran 12:22 Kemudian kamu harus mengambil seikat hisop dan mencelupkannya dalam darah yang ada dalam sebuah pasu, dan darah itu kamu harus sapukan pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu; seorang pun dari kamu tidak boleh keluar pintu rumahnya sampai pagi.

Kondisi yang disampaikan oleh firman diatas hampir sama dengan keadaan yang sedang kita hadapi sekarang,. Tinggal dirumah, tidak boleh keluar karena TUHAN akan melakukan sesuatu yang  luar biasa.

Melalui artikel ini, saya hendak sampaikan sebuah pesan profetik yang saya terima dari DIA bahwa “bersiaplah orang-orang yang percaya kepada YESUS. Orang-orang yang mengakui kemenangan TUHAN YESUS. Orang-orang yang mengakui darah anak domba. Orang-orang yang menyucikan hidupnya, menjaga hidupnya. Karena disaat yang sama juga Roh Kudus katakan bahwa DIA sedang membersihkan rumahNya. Sebab rumahNya harus menjadi tempat kediaman RohNya.

Yang kedua, TUHAN berkata bahwa akan terjadi satu kelepasan yang besar dan mengakibatkan kebangunan rohani yang sangat besar yang mengalahkan kemampuan dari medicine manapun juga. Amerika mungkin membuat obat penyembuhan. Namun pengakuan kita akan Darah Anak Domba akan membawa kita masuk kepada pengalaman supranatural yang sama yang dialami oleh Bangsa Israel. Bangsa Israel keluar dari perbudakan, dalam satu malam identitas mereka berubah dari budak menjadi bangsawan. Dan inilah yang TUHAN mau nyatakan kepada kita kalau kita betul-betul pegang pengakuan tentang Darah Anak Domba, tidak ada jawaban lain. Saya mau menyampaikan hal ini pada perenungan menjelang Paskah, di Bulan Nisan 5780, peganglah! Kekuatan kita hanya kepada Firman TUHAN yang berbicara tentang darah Anak Domba yang tercurah. Pegang kebenaran itu dan ucapkan. Biarlah kebenaran tersebut menjadi doa, menjadi deklarasimu. Kita harus punya kesaksian di dalam hati kita, di dalam diri kita bahwa ada Darah Anak Domba. Itulah yang memeteraikan kita. Itulah yang membawa kita, itulah yang mentahirkan kita. Sambil kita membersihkan “rumah” kita sendiri, melihat hati kita, keberadaan kita. Kalau kita masih melihat rumah kita atau diri kita masih kurang berkenan, saya yakin Roh Kudus pasti bukakan kepada kita hal-hal mana yang harus kita bersihkan di dalam hidup kita.  Jangan takut, kita harus rendah hati karena ini bulan humbleness / bulan kerendahan hati. Kita harus tampil dengan kerendahan hati dihadapan TUHAN. Sekalipun posisi anda mungkin sebagai pengkhotbah tetapi kita harus rendah hati di hadapan TUHAN dan berkata, “TUHAN..aku kurang mengakui dalam hidupku, keperkasaanMU TUHAN”. Sebab Alkitab juga berkata agar kita mengakui keperkasaanNya. Mungkin kita berkhotbah, menyampaikan Firman namun di dalam kehidupan kita sendiri belum betul-betul mengakui keperkasaan TUHAN.

There is still time (Masih ada waktu) Untuk itu di bulan Nisan ini, kita harus mengalami kemenangan, mengalami terobosan yang sangat luar biasa. Karena dikatakan di dalam Keluaran 12 : 29, tengah malam TUHAN hadir dan membunuh tiap-tiap anak sulung Mesir. Bulan ini bulan penting ! Tangkaplah dan deklarasikan dalam hidupmu bahwa mulai malam hari ini tidak hanya secara spiritual tentang Bangsa Israel. Tetapi malam ini, yang di selaraskan dengan kalender Ibrani, 5780 bulan Nisan kita masuki. Kitapun harus deklarasi menyatakan “TUHAN aku bersyukur aku sudah sampai di bulan ini yang adalah bulan generasi bangsawan, aku termasuk di dalamnya dan aku mau merenungkan dalam-dalam tentang karya terbesar. Aku mau merenungkan dalam-dalam tentang perbuatan TUHAN dan aku mau menanggalkan semua yang mungkin TUHAN tidak mau lagi terjadi dalam hidupku. Aku mau supaya tubuhku betul-betul menjadi tempat yang kudus. Pikiranku, perkataanku bahkan niat hati kupun tidak boleh memberi celah”. Datang kepada TUHAN dengan sikap kita yang merendahkan diri dihadapan DIA. Maka kita akan melihat apa yang TUHAN akan nyatakan atas kita dalam perjalanan kita di hari-hari yang akan datang.

Bulan Nisan menjadi bulan pertama bagi para Imam dan para Raja. Jadi bulan Nisan itu bagi orang Yahudi itu memasuki bulan deklarasi. Bulan perayaan para Imam dan para Raja. Karena ini adalah bulan dimana identitas mereka berubah dari budak menjadi bangsawan. Kalau hal tersebut terjadi atas mereka, masakan itu tidak terjadi atas kita? Mereka, dengan darah binatang dapat dilepaskan satu bangsa apalagi kita dengan Darah Anak Domba. Sekali lagi saya katakan, Darah Anak Domba. Pesan tentang redemption (penebusan) ini, merupakan pesan yang ditakuti musuh. Inilah satu-satunya yang mengcounter, melawan kuasa kegelapan. Ketika Yeshua naik di kayu salib, DIA menyerahkan nyawanya. Dia tidak dibunuh tetapi DIA menyerahkan nyawaNya. Disitu Elohim menyatakan kepadaNya Nama diatas segala nama sehingga di dalam Nama Yeshua, semua yang ada di langit, di atas bumi dan di bawah bumi, mereka harus tunduk kepada Nama itu. Dan Nama itu telah diberikan kepada Anda.

Siapakah kita yang boleh percaya di dalam namaNYA? Kita adalah orang-orang yang ditebus. Supaya identitas kita pun berubah. Kita tidak lagi dikuasai oleh ketakutan. Tetapi justru kebangkitan kita di dalam TUHAN akan nyata. Saya melepaskan nubuatan melalui tulisan saya ini, akan muncul satu generasi yang bagi musuh akan menjadi satu momok yang berbahaya. Generasi ini saya sebut juga The Ecclesians Generation (Generasi Eklesia), generasi inilah yang TUHAN panggil keluar. Mereka adalah generasi yang oleh karena tanda darah, mereka dipanggil keluar. Dari perbudakan kemudian TUHAN memanggil mereka dengan identitas yang baru. Generasi ini akan bangkit berdiri dan akan mendeklarasikan FirmanNya. Sebab mereka memiliki darah perjanjian yang sama, yang TUHAN adakan bagi bangsa Israel. Darah perjanjian itu sekalipun digambarkan dengan darah binatang, tetapi itu menggambarkan Darah Anak Domba dan kita akan mengalami mujizat yang belum pernah terjadi, terobosan yang belum pernah terjadi.

Saya mengajak semua Anda dimanapun Anda berada. Hai para pengkhotbah, para pemimpin gereja mari arahkan hatimu. Inilah waktunya untuk kita membuka diri dan berkata “Tuhan, tahirkan aku juga”. Supaya di dalam momentum Paskah, di bulan ini kita mengalami pengalaman supranatural. Ada banyak hal-hal yang sangat ajaib. Yang mungkin apabila saya ceritakan satu persatu, sulit untuk dipahami. Tuhan sedang melakukannya, buat orang-orang yang mengasihi DIA. Buat kita semua yang mengasihi DIA. Tidak bisa ditahan, Anda dan saya ketika kita mengerti bahwa bulan ini adalah bulan kita semua maka tidak ada kuasa musuh yang dapat menahan Anda dan saya, menahan kita semua. Justru ini adalah awal Paskah dimana Anda akan berdiri tegak dan berjalan masuk terus sampai TUHAN menggenapi panggilanNya atas kita semua.

Maka, kuatkan dan teguhkanlah hatimu.

Keluaran 12 : 2 Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun.

Bagi bangsa Israel bulan ini merupakan bulan supranatural. Dimana mereka sebenarnya tidak berbuat apa-apa, mereka tidak memiliki senjata apapun. Akan tetapi para Imamnya aktif. Mereka hanya taat menaruh tanda darah dan TUHAN terlibat melakukan kuasa supranatural. Apalagi sekarang. Asal kita betul-betul yakin bahwa ini adalah bulan kita juga dilepaskan. Kita kumpul dirumah bersama keluarga, berdoa, memuji dan menyembah TUHAN dan mendeklarasikan bahwa TUHAN betul-betul ada ditengah-tengah kita. Dan TUHANlah yang memateraikan kita dengan darah di bulan ini yang menjadi bulan pertama dari segala bulan. Jadi ini merupakan bulan para pemimpin. Bukan hanya sekedar bulan biasa. Tetapi ini bulan para Imam dan para Raja. Bukankah Alkitab berkata bahwa kitalah Imamat yang Rajani. Jadi di bulan ini kita harus bersyukur bahwa kita dilahirkan di bulan ini. Sekalipun kita dilahirkan dengan tanggal yang berbeda-beda tetapi hari ini adalah hari kelahiran spiritual kita. Ini adalah hari dimana TUHAN katakan bahwa TUHAN sudah menciptakan kita untuk satu tujuan. Tidak ada satu musuh apapun yang dapat menghentikan kita. Tetapi kita akan bangkit dan bersinar! Mari kita claim bersama-sama Firman ini dengan keluarga kita.

Karena bulan ini adalah bulan yang sangat spesial, mari kita naikkan syukur di hadapan TUHAN.

EC

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *