Sebuah Kehidupan Normal Baru

2 Corinthians 5 : 17 (The Passion) Now, if anyone is enfolded into Christ, he has become an entirely new person. All that is related to the old order has vanished. Behold everything is fresh and new.

Pandemi Corona (Covid19) telah membuat banyak perubahan dalam kehidupan sosial dan ekonomi di semua belahan dunia. WHO memperkirakan Virus Corona akan terus bertahan sampai vaksinnya ditemukan. Tentunya, banyak penyesuaian yang harus kita lakukan mulai dari gaya hidup sehari-hari dan cara bekerja. Terlebih oleh pemerintah, penyesuaian kebijakan-kebijakan ekonomi harus cepat dilakukan supaya tidak terjadi kekacauan di masyarakat.

Sebuah kehidupan normal yang baru atau lebih dikenal dengan a new normal tak terelakkan, sebuah kehidupan yang disesuaikan dengan situasi penyebaran wabah Covid19, kehidupan yang tadinya kita anggap tidak normal, menjadi normal. Penyesuaian terbesar manusia semasa pandemi ini adalah bagaimana kita berinteraksi atau berkomunikasi dengan sesama. Manusia mau tidak mau dikondisikan untuk “berdamai” dengan virus berbahaya ini. Melihat kenyataan ini, manusia benar-benar dipaksa untuk dapat menjaga diri sendiri melalui penerapan Social / Physical Distancing. Padahal, manusia sebenarnya diciptakan bukan untuk tidak bergaul, melainkan untuk memiliki bubungan dan bersosialisasi dengan yang lain. Hubungan manusia dengan sesamanya akan sangat bernilai jika terjadi sebuah interaksi yang dekat secara fisik (bertatap muka). Kini, komunikasi dilakukan melalui video call atau video meeting dengan berbagai macam aplikasi melalui laptop, komputer ataupun gadget kita. Teknologi internet memiliki peranan yang penting kedepannya dalam memudahkan semua kebutuhan kita untuk berinteraksi dengan yang lain, termasuk dalam urusan pekerjaan, ibadah, dsb.

Dunia menawarkan sesuatu yang “baru” tetapi disesuaikan dengan kekacauan yang terjadi. Tentunya ini bukanlah sesuatu benar-benar baru sebab tidak mungkin di dalam semua yang disebut new normal  terkandung agenda yang sedang dikerjakan oleh musuh (setan dengan segala antek-anteknya).

Segala yang baru hanya terjadi jika kita sama sekali tidak ada di dalam hal lama dimana kekacauan, kerusakan, dan kehancuran masih terjadi. Yesus Kristus datang untuk membawa kita berpindah dari semua hal lama kepada yang baru dimana terdapat kehidupan, pemulihan, dan kemuliaanNya. Kita tidak bisa lagi kompromi dengan kehidupan lama, harus ada pemisahan yang sangat jelas antara kehidupan lama dengan kehidupan yang baru di dalam Kristus. Kita tidak dapat hidup di dua kaki, yang satu kehidupan lama, yang lainnya di kehidupan baru.

Hanya didalam Kristus, kita akan memperoleh kehidupan yang baru dan segar. Tidak ada tatanan kehidupan lama mengendalikan hidup kita. Hanya Dia dengan tatananNya yang akan membawa kita kepada kehidupan baru itu.

Pandemi Covid19 yang terjadi sekarang membawa kehidupan baru bagi mereka yang sungguh-sungguh mau fokus mengenal Tuhan lebih dalam dan isi hatiNya tentang kita. Salib Kristus menjadi bukti bagaimana hatiNya yang mengasihi kita. Di musim ini, Pey 5780, Roh Kudus membawa kehidupan baru bagi mereka yang merespon kasihNya dengan sikap hati yang benar. Untuk berada dalam kehidupan baru tersebut, kita memerlukan tuntunan Roh Tuhan melalui Firman sebagai berikut,

Isaiah 48 : 17 (AMP) This is what the LORD, your Redeemer, the Holy One of Israel says, “I am the LORD you God, who teaches you to profit (benefit), who leads you in the way that you should go

Mazmur 143 : 10 Ajarlah aku melakukan kehendakMu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya RohMu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!

Dalam kehidupan baru yang Dia sediakan, kita akan mengalami pemulihan yang semakin sempurna setiap harinya, segala efek dosa tidak ada lagi. Gambaran dari DiriNya yang dicetak dalam hidup kita sejak awal penciptaan akan terlihat semakin jelas. Karena Roh Kebenaran yang bekerja telah melakukannya. Semuanya itu sedang terjadi sekarang. Setan dengan segala rencananya berusaha membuat kita terjebak di dalam pandemi yang sedang terjadi sekarang. Tetapi Tuhan yang tetap mengendalikan semuanya.

Setelah Pentakosta 5780, akan ada banyak shifting dalam kehidupan orang percaya seluruh dunia. Jika mereka meresponi semua kondisi yang ada dengan benar dan datang kepadaNya dalam segala fellowship yang mereka bangun dengan Roh Kudus dan FirmanNya, maka mereka akan memasuki perjalanan yang sungguh berbeda dengan perjalanan di waktu yang lalu. Mereka akan berada semakin dekat dengan pemulihan yang sempurna, karena Dia sedang menyediakan pemulihan itu selama musim Pey. FirmanNya akan menjadi nyata, dan tentu saja ada pemulihan di dalamnya. Karena perkataanNya merupakan isi hatiNya yang hanya dapat ditangkap oleh mereka yang memiliki kualitas pergaulan yang bagus denganNya.

Inilah kehidupan normal baru sesungguhnya. Tuhan sedang menyatakannya saat ini ditengah segala kegelapan yang melanda seluruh umat manusia di bumi. Dia mau menyatakan sekarang karena Pey merupakan waktu yang Dia sudah tentukan untuk agendaNya itu terjadi. Musuh tidak akan dapat menggagalkannya. Sebab Dia tahu siapa orang-orangNya yang masih ada di bumi, yang disimpan untuk dinyatakanNya di musim Pey.

Yesaya 43 : 18 – 19 FirmanNya; “Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sunga-sungai di padang belantara.

Apa yang dikatakan ayat di atas, Tuhan sedang genapi sekarang dan segera. Dia sediakan semuanya untuk mereka yang mau masuk lebih dalam mengenai pengenalan kepadaNya dan apa yang sudah Dia lakukan di kayu salib. Mereka akan dibawa kepada pengalaman-pengalaman supranatural yang penuh dengan keajaiban. Mereka tidak akan lagi mengingat segala kegagalan, kehancuran, dan kekacauan hidup mereka yang disebabkan oleh dosa, tetapi yang akan mereka lihat dan ingat hanyalah tentang Tuhan yang mereka kenal telah membawa mereka berjalan semakin jauh dari kehidupan lama mereka. Dan terlalu banyak pengalaman-pengalaman baru mereka alami bersamaNya, yang membuat mereka penuh dengan sukacita.

Pandemi tidak dapat membuat mereka terintimidasi, tetapi situasi itu menjadi kesempatan mereka mempraktekan imannya untuk melihat kuasa Kristus yang telah menang atas maut supaya terjadi juga di kehidupan mereka.

Semua yang baru, akan terpancar dari kehidupan mereka. Sebab pergaulan mereka denganNya adalah sesuatu yang progresif juga sifatnya dimana mereka dibawa kepada pengenalan yang semakin dalam, tidak sama seperti hari-hari sebelumnya, Roh Kudus yang menyingkapkannya dan membuat mereka sangat kagum dan semakin kuat dalam iman dan cintanya kepada Tuhan, bahkan mendorong mereka untuk bersaksi kepada banyak orang.

Kehidupan normal baru di dalam perspektif sorga merupakan kehidupan permulaan baru dengan kembalinya manusia kepada hubungan lebih dekat dengan Bapa Pencipta setelah sekian lama dosa memisahkan hubungan itu, tapi saat ini semuanya dikembalikan kepada posisinya yang semula. Dan mereka yang sudah mengalami pemulihan hubungan denganNya akan menyatakan kesaksian kepada alam semesta tentang NamaNya dan diri mereka yang sebenarnya di dalam Kristus. Sebab alam semesta dan semua ciptaan sudah menantikan pemulihan mereka ini seperti yang ada dalam

Rome 8 : 19 (KJV) For the earnest expectation of the creature waiteth for the manisfestation of the sons of God.

Permulaan yang baru sedang dimulai. Berjalanlah di dalam jalan yang Tuhan sediakan, dengan tuntunan RohNya juga FirmanNya, maka kita akan sampai ke dalam destiny, sebuah “tempat” dimana kita di pulihkan sempurna dengan kemuliaanNya yang dinyatakan atas kita.

MICHEL WONUA

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *