Doa Sesuai Dengan Kehendak Tuhan

Yakobus 4 : 2 – 4 Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu ? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu? Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh ; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima  apa-apa, karena kamu salah berdoa,  sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu

Sering kali kita bertanya kepada Tuhan mengapa Tuhan tidak menjawab doa kita. Sebenarnya bukan Tuhan tidak menjawab doa kita tetapi kita salah berdoa.

Ayat di atas jelas mengatakan kita tidak memperoleh apa-apa karena salah berdoa, kita berdoa supaya Tuhan memenuhi kehendak kita dan bukan kehendakNya. Kita tahu bahwa manusia lahir dari dosa, dan tanpa kita sadari kehendak masih bercampur dengan dosa. Sejak di tebus dari cara cara hidup yang salah dan cela. Tuhan mau kita hidup di dalam kehendak Nya.

Tahukah kehendak Tuhan itu sempurna?

Dia ingin manusia berjalan bersama Dia dan mengerti isi hati Nya. Melalui isi hatiNya, kita akan menemukan kehendak yang sempurna dimana tidak ada kecurangan dan kejahatan melainkan kesetiaan dan kebaikan.

Iblis adalah bapa segala dusta, iblis sering memberikan tipuan kepada manusia supaya mereka tidak mengenal Tuhan dan kehendak Tuhan atas hidup mereka. Iblis sering memanipulasikan kehendak kita sepertinya baik tetapi sebenarnya didalam kehendak kita itu hanya berupa nafsu dan keinginan yang fana.

Tuhan tidak akan menjawab doa seperti itu karena Tuhan tahu ada hal-hal yang kekal dan mulia Dia sediakan bagi kita.

Yohanes 15 : 7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku  dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki  , dan kamu akan menerimanya. 

Di ayat ini Tuhan berkata mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu akan menerimanya, Tuhan mau memberikan apa saja yang kita minta asal kita ada di dalam Dia dan Firman Nya tinggal di dalam kita. Karena waktu Firman Nya tinggal di dalam kita maka kehendak kita akan sama dengan kehendak Nya. Firman menjadi doa-doa yang kita serukan dan Dia pasti akan menggenapinya.

Sekarang, kita menyadari bahwa sebenarnya keinginan dunia yang ada dalam diri kita  hanya akan membawa kepada kesenangan sementara, tetapi keinginan Tuhan atas hidup kita adalah berada dalam segala kelimpahan dan sukacita.

Di akhir zaman, manusia sedang berlomba-lomba untuk memuaskan keinginannya, bahkan mereka sampai mau melakukan kejahatan demi memuaskan keinginan tersebut. Karena, bagi mereka kebahagian adalah memiliki harta yang banyak, rumah yang mewah, dan uang yang banyak. Tetapi, mereka tidak pernah merasa puas dengan apa yang mereka miliki

Dalam Yakobus 4 : 4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia!  Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia  adalah permusuhan dengan Allah ?  Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah

Kalau kita menjadi sahabat dengan dunia sama saja kita sudah menjadi musuh Tuhan, ini yang Tuhan tidak mau. Dia mau kita menyadari bahwa penebusan yang Tuhan lakukan memindahkan kita dari kerajaan gelap kepada kerajaan terang, maksudnya kita sudah tidak lagi menjadi milik dunia tetapi menjadi milik Nya. Kita memiliki bagian yang sudah Tuhan tentukan dan dapat menerimanya secara penuh.

Taukah bahwa memberkati merupakan kerinduan Nya, jadi mengapa kita harus takut untuk berdoa dan meminta kehendakNya yang terjadi atas kita. Saya percaya, jika kita hidup dalam sakit penyakit, kemiskinan, dan terbelenggu bukanlah kehendak Tuhan, karena hidup dalam keadaan seperti itu tidak mempermuliakan nama Tuhan. Kalau kita tinggal dalam Dia dan tinggal dalam Firman maka kita ingin NamaNya dimuliakan melalui hidup kita,

Tuhan mau memakai kita supaya kita menjadi Saksi Nya.

Waktu Yesus datang ke dunia Dia hanya menggenapi apa yang menjadi Kehendak Bapa dan hal itu yang membuat Allah Bapa memberikan nama di atas segala nama atas Yesus sehingga setiap lidah akan mengaku dan lutut akan bertelut bahwa Yesus adalah Tuhan.

Filipi 2 : 9 – 11 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia j  dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,  supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut  segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,  dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan, ” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Setelah penebusan, Tuhan sudah memeteraikan kita dengan namaNya, Dia mau memuliakan namaNya melalui kehidupan kita supaya banyak jiwa datang kepada Tuhan melalui kita. Dan inilah Kehendak Tuhan supaya terjadi di dalam kita,

Yohanes 17 : 1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit   dan berkata: “Bapa, telah tiba saatnya;  permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.

Di dalam doaNya, Yesus meminta kepada Bapa agar kita dipermuliakan supaya nama Bapa dalam kita pun ikut dipermuliakan. Amin

DEBORAH NANLOHY

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *