Roh Kudus Dalam Penyelarasan Bumi Dengan Sorga

Yesaya 61 : 1 – 2 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita,..

Jika kita melihat dengan jelas, kerusakan di bumi ada di saat dosa masuk ke dalamnya melalui manusia yang sebenarnya diciptakan dalam kemuliaanNya. Dosa yang mempengaruhi manusia membuatnya jauh dari Bapa Pencipta. Efek dari dosa yang ada dalam diri manusia terus terjadi dari abad ke abad, dari waktu ke waktu hingga kini. Ketika bumi rusak oleh karena dosa, maka tentunya tidak ada lagi keselarasan yang terjadi antara bumi dengan sorga. Karya penebusan Kristus membuat semuanya diseleraskan kembali. Dan di waktu ini, di tahun Pey 5780, maka penyelerasan itu sedang dimulai. Roh Kudus yang mengambil peran tersebut. Dia yang adalah Roh Kebenaran terus aktif bekerja dari waktu ke waktu menyingkapkan rahasia dari Pribadi Bapa. Dalam setiap waktu-waktu tersebut, Dia membuka rahasia itu sedikit demi sedikit. Namun di tahun Pey 5780, Dia mulai menyatakan lebih dalam, luas dan baru tentang karya salibNya bagi semua orang yang telah mengalami penebusan Kristus dan benar-benar mau melibatkanNya dalam hidupnya.

Isaiah 48 : 16 (AMP) Come near to Me, listen to this : From the beginning I have not spoken in secret, from the time that it happened, I was there. And now the Lord GOD has sent Me, and His (Holy) Spirit

Tuhan selalu menyatakan DiriNya termasuk rahasiaNya hanya kepada mereka yang adalah milik kepunyaanNya, yang sudah ditebus dan dimeteraikan dengan NamaNya. Dia tahu siapa orang-orangNya itu. Sekarang, Roh Tuhan sedang dicurahkan dengan sangat kuat diantara bangsa-bangsa, ditengah segala kegelapan yang sedang datang (Pandemi Covid 19), Dia sedang mencari orang-orangNya yang akan dibukakan rahasia dari DiriNya sendiri tentang apa yang sedang Dia kerjakan di dalam satu dekade dari Pey. Semua bangsa terkejut dengan datangnya wabah Virus Corona mulai akhir tahun 2019 lalu, tetapi sebenarnya itu menjadi sebuah tanda yang kuat bagi RohNya bekerja dengan cara yang ajaib. Disaat perkataanNya menjadi pesan yang kuat untuk kita miliki di tahun Pey ini, maka di situlah juga peranan Roh Kudus bekerja. FirmanNya dan RohNya sedang bekerja bersama di Pey 5780. RohNya yang adalah juga Roh Kebenaran akan selalu menyatakan apa yang didengarNya dari Bapa yang berhubungan dengan apa yang PutraNya telah lakukan di kayu salib. Karena rancangan Bapa akan digenapi melalui pengorbanan Kristus untuk menebus kita sehingga identitas kita menjadi pulih dan kita menjadi pewaris yang diberikan otoritas dan kuasa penuh atas semua yang Dia ciptakan di bumi. Jika hal itu terjadi maka apa yang sudah direncanakan Bapa di sorga dapat tergenapi di bumi. Sebab semua ciptaan termasuk kita, manusia didalamnya dicipta dalam sebuah ungkapan ekspresi hatiNya, penuh dengan kasih yang kuat. Alam semesta termasuk bumi dimana kita berada, dicipta dalam sebuah kegairahan kasih yang sangat besar. Dan semuanya itu untuk manusia, yang telah diberikan RohNya (nafas hidup) sendiri.

Sekarang, FirmanNya yang adalah Yesus Kristus sedang menyatakan kembali isi hati Bapa bagi kita dengan pengertian yang dalam dan baru tentang karya salibNya melalui Roh Kebenaran yang menyingkapakannya. Pesan dari karya salibNya akan semakin kuat di Pey 5780 dan selama satu dekade kedepan, RohNya akan terus menyingkapkan rahasia itu sampai kita masuk ke dalam pemulihan yang penuh. Selama proses penyingkapan tersebut berjalan, RohNya juga akan membuat kita yang sudah ditebusNya untuk terus dibaharui dalam Kristus setiap hari. Bersamaan dengan apa yang dikerjakan Roh Kudus dalam diri kita, maka penyelarasan bumi dengan sorga pun terjadi.

Setiap penyelarasan yang dilakukan bumi dengan sorga yang dimulai di dalam hidup kita yang terus dibaharui, dibentuk menjadi segambar dengan Kristus, merupakan sesuatu yang baru bagi kita, karena tidak pernah kita lihat dan alami sebelumnya. Sebab di dalam penyelarasan tersebut ada banyak kebaikan Bapa yang dinyatakan. Sama seperti pada waktu Dia mencipta langit dan bumi di awal penciptaan, semua ciptaanNya dipenuhi dengan kebaikanNya. Semua sempurna. Kasih Tuhan yang sangat kuat ada dibalik semuanya itu, dan Roh Kudus yang akan menyatakannya kembali kepada kita tentang apa yang ada di hatiNya tentang kita sama seperti ketika RohNya juga bekerja bersama dengan FirmanNya dalam mencipta bumi dengan segala isinya sampai pada puncak penciptaan yaitu manusia.

FirmanNya yang menyatakan kebenaran tentang karya salib Kristus sedang terus dilepaskan atas setiap orang-orangNya. Karena hanya melalui Kristus yang telah mati dan menang atas maut maka perjalanan yang baru, sesuatu yang baru itu dimulai dalam hidup kita. Disaat FirmanNya dinyatakan maka RohNya juga ada disitu, ya semuanya ini sedang dimulai di tahun Pey 5780 dan terus akan semakin kuat dinyatakan olehNya di tahun-tahun kedepan.

Setan dengan semua antek-anteknya tidak akan dapat menahan apa yang sedang dilakukanNya. Sebab penyelarasan bumi dengan sorga harus terjadi segera dengan dimulai adanya penyelarasan dalam identitas kita yang terus dibaharui dalam Kristus,  

Ephesians 2 : 10 (The Passion) We have become his poetry, a recreated people that will fulfill the destiny he has given each of us, for we are joined to Jesus, th Anointed One. Even befor we were born, God planned in advance our destiny and the good works we would do to fulfill it!

Identitas kita perlu diselaraskan dengan Kristus. Kebenaran ini sedang RohNya juga nyatakan di tahun Pey 5780. Kebenaran tentang identitas kita sebagai putraNya yang akan diberikan kepercayaan penuh berkuasa dan memiliki otoritas atas bumi, seperti blue print yang sudah Bapa buat di awal penciptaan sedang disingkapkan oleh Roh Kudus. Tentunya pada waktu kita sudah memulai penyelarasan bahkan jika sudah mencapai penyelarasan penuh identitas kita dalam Kristus, maka musuhpun akan tidak suka, sehingga dia akan memakai segala macam cara untuk mengintimidasi kita melalui sistem dunia yang dia kuasai. Tetapi kita perlu ingat, Roh Tuhan ada di dalam kita, disaat kita mencapai kedewasaan penuh dalam pengenalan akan Kristus dan identitas kita jadi di dalam Dia, maka RohNya juga akan dengan sangat mudah bekerja di dalam dan melalui kita. RohNya menjadi jaminan bagi kita untuk sampai kepada penebusan kita yang penuh, tentunya ini berbicara tentang kelepasan kita yang penuh dengan memiliki identitas baru sebagai identitas bangsawan, bukan lagi identitas budak. Seperti yang ada tertulis dalam,

Ephesians 1 : 14 (The Passion) He is given to us like an engagement ring is given to a bride, as the first installment of what’s coming! He is our hope promise of a future inheritance which seals us unti we have all of redemption’s promises and experience complete freedom – all for the supreme glory and honor for God!

Roh Tuhan akan bekerja dengan efektif dalam diri kita yang mau dibentuk, dicipta kembali di dalam Kristus. Kita akan mengalami kedalaman hatiNya melalui FirmanNya yang dibukakan oleh RohNya sendiri dan FirmanNya menjadi hidup dalam kita sebab RohNya juga yang terus menyatakan rahasia dari perkataanNya itu. Proses penyelarasan bumi dengan sorga dimulai disitu. Karena semakin kita mengalami kedalaman hatiNya (FirmanNya) maka kitapun sedang mengalami sebuah perpindahan kenyataan hidup kita, dimana atmosfer dosa tidak berkuasa lagi tetapi yang ada hanya atmosfer dari perkataanNya yang hidup dan mencipta. Ini hanya dapat terjadi oleh karena FirmanNya bekerjasama dengan RohNya yang tidak terbatas atas hidup kita.

Kesaksian yang hidup akan muncul dari apa yang dikerjakan RohNya melalui FirmanNya atas kita, yaitu sebuah kesaksian bahwa hanya di dalam Yesus Kristus yang adalah Anak Manusia telah menjadi Penebus bagi kita dalam pengorbananNya di kayu salib untuk membawa kita kepada kemuliaan terangNya yang ada di dalam Bapa. Di tahun Pey 5780 ini dan seterusnya, kita akan melihat kesaksian tentang Yesus Kristus akan semakin banyak terdengar di mana-mana. Sebab ada Roh Kebenaran yang menyatakan tentang Dia yang juga adalah Firman Hidup yang Bapa berikan bagi kita.

Kebangunan Rohani yang sesungguhnya sedang dan akan terus terjadi. Kebangunan rohani terbesar sejak bumi diciptakan akan terjadi di depan. Sorga akan bersukacita melihat bahwa bumi sedang melakukan penyelarasannya melalui kita yang adalah tempat kediaman RohNya.

MICHEL WONUA

 

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *