Tatanan Yang Sedang Terbangun

Kolose 1 : 15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan

Ketika Tuhan menciptakan alam semesta, semua ada di dalam tatanan yang sempurna, dan Tuhan menempatkan manusia menjadi sentral dari semua ciptaan, karena Tuhan menaruh kemuliaanNya dalam diri manusia (serupa dan segambar). Semua diciptakan baik adanya dan sempurna berada daam tatanan sorga. Namun, ketika dosa masuk menguasai manusia, manusia tidak lagi berada dalam tatanan itu dan menyebabkan kerusakan di semua ciptaan.

Sampai saat ini, setan terus berusaha memegang kendali penuh atas kehidupan manusia, karena dia tahu ketika manusia dikendalikan olehnya, semua ciptaan Tuhan yang sempurna itu  menjadi rusak dan posisi manusia tidak lagi berada langsung dibawah Bapa Pencipta. Jika kita melihat apa yang terjadi dengan dunia sekarang dengan merebaknya wabah Virus Covid19, bukan tidak mungkin setan dengan antek-anteknya berencana untuk menguasai seluruh aspek kehidupan manusia di muka bumi sehingga manusia akhirnya tidak menyembah dan mengenal Tuhan dengan baik. Dengan kata lain, tatanan yang Tuhan sudah tetapkan coba dihancurkan musuh, memang hal ini harus tegenapi sesuai nubuatan yang tercatat dalam Alkitab sebelum kedatangan Sang Raja yang kedua kali.

Ingat! Tuhan tetap pegang kendali, karena Dialah yang mencipta semua yang ada, dan di dalam Kristus (pewahyuan tentang penebusanNya), manusia juga dikembalikan pada posisi yang semula. Dia mau menata hidup manusia terlebih dulu supaya mengerti arti dari penciptaaan, untuk Siapa, Apa tujuan Tuhan bagi manusia sehingga didaulat dalam mengelola semua ciptaan,  sampai pada akhirnya untuk memuliakan Dia.

Semua ciptaan, termasuk bumi di cipta dalam sebuah ekspresi kasihNya yang sangat luar biasa. Bapa tidak mau bumi kosong dan tidak berbentuk sehingga Dia menyatakan Firman ”Jadilah terang”, pada saat bersamaan Roh Kudus yang melayang-layang di atas bumi bersama-sama dengan Firman membentuk bumi dan segala isinya. Sehingga Dia dapat mengatakan bahwa semua yang Dia ciptakan adalah baik (dapat dibaca dalam Kejadian 1 : 1 – 31). Sangat jelas disini, bumi termasuk alam semesta dicipta dari sebuah tatanan yang mengandung ekspresi Kasih Tuhan dan terus berlanjut sampai penciptaan manusia dihari ke enam. Bapa mencipta kita bukan dengan sesuatu yang biasa, tapi dari sebuah kesepakatan DiriNya sendiri yang tentunya mengandung kasih. Bapa mencipta kita segambar dan serupa, yang berarti apa yang mulia, sempurna, dan kudus ditaruh juga pada diri manusia.

Di musim Pey 5780 ini, Tuhan sedang mengembalikan tatanan yang sesungguhnya di bumi, dengan manusia yang ditebusNya berada dalam Kristus untuk dicipta kembali sehingga dapat berada dalam posisi yang tepat sebagai pusat dari semua yang Dia ciptakan. Walaupun disaat yang bersamaan, musuh sedang melakukan strateginya menguasai dunia melalui Pandemi Covid 19. Roh ketakutan yang dilepaskan dibalik virus ini terus mempengaruhi pikiran kita supaya dapat tunduk kepadanya dan melupakan Yesus Kristus yang sudah menang atas maut dan menyelesaikan segala akibat dosa. Karena memang musuh sedang membangun tatanan baru versinya yang akan membuat kita dibawah kendalinya, tidak ada dalam tatananNya.

Tahun Pey 5780, merupakan tahun penggenapan agenda besar sorga, dimulai dengan pengertian tentang penebusanNya yang lebih dalam dan baru  melebih dari tahun-tahun sebelumnya, selanjutnya Roh Kudus kembali diperkenalkan kepada kita yang telah ditebus. Dari situlah tatanan mulai dibangun, Dia mau kita memiliki cara berpikir dan bertindak yang tidak lagi sama dengan kehidupan lama sebelum karya salib. Dia akan memberikan pewahyuan hanya kepada mereka yang sungguh-sungguh mau mengenal Tuhan secara penuh dalam penderitaan, kematian, dan kebangkitanNya. Sebab, Karya Salib Kristus adalah rahasia kedalaman hati Bapa yang diungkapkan. Terlalu dalam apa yang ada di hati Bapa tentang kita sehingga Kristus harus menggenapinya di kayu salib. Tidak berhenti dimomentum Paskah saja sampai kepada momentum Pentakosta pun Dia kembali mengungkapkan betapa berharganya kita melalui Roh Kudus yang dicurahkan pada kita.

Saat ini Tuhan sedang mengembalikan manusia ke dalam posisinya yang tepat. Dia menyatakannya melalui Roh Kebenaran yang terus menyingkapkan pewahyuan tentang penebusan dan kuasa Roh yang menaungi semua orang tebusan yang sungguh-sungguh mengejar dan mau mengenal Tuhan dengan benar. Tuhan ijinkan pandemi terjadi untuk menyaring mereka yang telah ditebus. Sebab anjuan tetap di rumah dapat dimanfaatkan untuk kembali membangun hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan secara pribadi atau bersama keluarga.

Ketika kita memahami dengan benar mengenai momentum Paskah dan Pentakosta, maka kita sedang berada dalam pembangunan tatanan sorga dengan Yesus Kristus sebagai pusat dan Yang Sulung.

Kolose 1 : 17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia

Kolose 1 : 19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan di dalam Dia

Roh Kebenaran yang membuka semua rahasia terus bekerja menembus ruang dan batas wilayah di semua negara, kemampuanNya jauh melebihi jaringan internet yang ada di muka bumi. Dia terus menyatakannya kepada mereka yang selalu menantikan Tuhan dengan sikap hati yang benar, mereka inilah yang akan mengenakan identitas baru dalam kePutraan Kristus. Apa yang Roh Kudus dengar dari Bapa, hal yang sama juga akan dinyatakan kepada mereka, seperti yang dikatakan dalam

John 16 : 13 (The Passion) But when the truth giving Spirit comes, he will unveil the reality of every truth within you. He won’t speak on his own, but only what he hears form the Father, and he will reveal prophetically to you what is to come

Roh Kebenaran terus memberikan pengertian baru kepada semua milik kepunyaanNya, untuk mereka dapat berada di dalam tatanan yang Bapa sudah tetapkan. Musuh membangun tatanan baru yang berujung pada kehancuran, namun Tuhan  membangun tatananNya untuk sebuah kehidupan kekal yang sudah disiapkan bagi keluargaNya.

Saat kita masuk ke dalam tatananNya yang sedang dibangun, melalui apa yang disingkapkan Roh Kebenaran, maka kita sedang berada dalam semua yang baru. Artinya disitulah kita menemukan habitat kita yang sebenarnya,  karena kita telah dicipta di dalam tatananNya namun dosa sudah membuat kita tidak dapat mengenal apa yang sudah Dia rancang sebelum dunia dijadikan dan dinyatakan dalam penciptaan bumi dan isinya, karena memang di dalam tatananNya tidak bisa ada kehadiran dosa dan semua kehidupan lama kita sehingga semuanya menjadi baru bagi kita saat Dia membawa kita kedalamnya dan di dalam tatananNya ada semua rancanganNya yang sempurna bagi kita.

Perhatikanlah, ketika kita sedang dibawa masuk ke dalam tatananNya itu, maka kita akan mengalami banyak hal-hal adikodrati bersama RohNya dan FirmanNya yang membuat kita tidak lagi bergerak di dalam waktu bumi, tetapi bergerak di dalam waktuNya yang didalamnya ada agenda Bapa. Di dalam waktuNya, yang adalah tahun Pey 5780 inilah, agendaNya akan digenapi seluruhnya. AgendaNya tidak lain adalah pemulihan di dalam segala hal, sampai itu terjadi penuh barulah Yesus Kristus akan datang sebagai Raja, semua dikembalikan ke dalam tatananNya.

Percepatan untuk tatananNya dibangun segera sedang terjadi saat ini, terlebih ketika kita sudah melewati momentum Paskah dan Pentakosta 5780. Roh Kebenaran yang membawa rahasiaNya sudah bekerja sejak awal Pandemi Covid 19 terjadi dengan begitu banyak orang dari bangsa-bangsa datang untuk berdoa, bertobat meminta pertolonganNya. Tapi itu barulah awal. Akan ada banyak lagi yang terjadi setelahnya, tepatnya setelah pengertian pentingnya kehadiran Roh Kudus dinyatakan. Bersiaplah untuk memasuki sebuah dekade yang luar biasa selama Pey ini. Sebab agenda besar Bapa akan digenapi dengan dimulai dari tatananNya yang dibangun kembali melalui penyingkapan makna karya salib dan peranan Roh Kudus.

 

Tuhan sangat serius dengan apa yang Dia nyatakan bagi kita di tahun Pey ini. Dia ingin melihat keseriusan kita juga dalam meresponi apa yang sedang Dia kerjakan sejak memasuki tahun Pey 5780. Karena inilah waktunya perkataanNya yaitu FirmanNya dimanifestasikan melalui penyingkapan misteriNya oleh Roh Kudus. Sama seperti pada saat bumi diciptakan, setelah Firman dilepaskan, maka RohNya pun bekerja untuk menggenapinya dan jadilah semua ciptaan seperti yang Dia kehendaki. Bapa sangat merindukan kita. Dia ingin tinggal bersama-sama dengan kita. Dia tidak mau lagi kita terpisah dariNya. Kerinduan Bapa sedang dimanifestasikan melalui Roh Kebenaran yang hadir atas kita,  sebagai milik kepunyaanNya sendiri. Bagi dunia, ada banyak ketidakpastian di depan ini. Tetapi bagi kita yang adalah keluargaNya, kita akan memasuki waktu-waktu yang tidak pernah kita alami sebelumnya, karena ada banyak manifestasi kerinduan Bapa yang akan digenapi di bumi. Kesaksian yang hidup dan kuat dari para keluargaNya akan banyak terjadi ke depannya, sebab Roh Kudus yang menaungi mereka membuat FirmanNya menjadi sebuah kenyataan. Itu semua bagian dari sebuah tatanan yang sedang terus dibangun dan puncaknya ada pada kedatangan Yesus Kristus, Raja Kemuliaan.

Haleluyah !!

MICHEL WONUA

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *