Pertahankan Identitasmu Ditengah Kegelapan Dunia Ini

Exodus 19 : 5 – 6 (AMP) Now therefore, if you will in fact obey My voice and keep My covenant (agreement), then you shall be My own special possession and treasure from among all peoples (of the world) for all the earth is Mine; and you shall be to Me a kingdom of priests and a holy nation (set apart for My purpose). These are the words that you shall speak to the Israelites.

Kita sedang di penghujung dari segala waktu yang telah ada sejak dari penciptaan. Di waktu-waktu seperti ini, Tuhan akan mengerjakan banyak hal besar yang dapat kita alami dan lihat. Namun disisi lain, musuh juga terus berusaha dengan sekuat tenaga mengalihkan perhatian sehingga orang percaya tidak dapat melihat bahkan mengerti apa yang Tuhan sedang lakukan di bumi atas orang – orang yang sudah ditebusNya.

Teknologi informasi dan komunikasi menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting di masa Pandemi Covid 19. Internet menunjang kebutuhan kita untuk memperoleh informasi, hiburan, dan berkomunikasi dengan kerabat yang lain. Kita juga dapat memenuhi kebutuhan kita sehari-hari dengan berbelanja di online shop, seminar atau pelatihan, pendidikan formil, bahkan pelayanan ibadah tetap bisa berlanjut bagi kebutuhan spiritual kita. Namun, keinginan untuk memiliki sesuatu yang cepat tanpa melalui sebuah proses, sifat independent, egoisme yang sangat kuat menjadi beberapa hal negatif yang bisa muncul atau mungkin kita alami sendiri.

Cara berpikir sangat dipengaruhi dengan informasi yang kita input ke dalam pikiran kita. Cara berpikir yang lebih mengutamakan logika menjadi hal yang sangat lumrah. Jika kita memakai logika (hikmat) manusia yang terbatas maka kita tidak akan mengerti “logika” Tuhan yang memiliki kedalaman misteri. Pusat dari hikmat Tuhan ada dalam Kristus.

Tahun Pey 5780 adalah waktu yang sangat menentukan menjelang kedatangan Tuhan yang kedua kali sebaga Raja segala raja.

Roh Kudus memberi kita pengertian yang baru dan dalam dari Paskah juga Pentakosta. Apa yang Roh Kudus nyatakan kepada kita sangat penting dalam membangun dasar yang kuat bagi iman percaya, kita akan melihat betapa luar biasanya Dia mempersiapkan kita di hari-hari terakhir ini.

Kristus datang untuk memberikan penebusan kepada kita, melepaskan dari segala hukum dosa yang sudah terlalu lama  mempengaruhi semua aspek kehidupan dan membuat kita tidak mengerti bahasa, firman, dan jauh dari rancangan yang sudah di tetapkan sedari awal ketika penciptaan alam semesta, bumi, dan segala isinya.

Roma 5 : 17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

Di dalam Yesus Kristus kita memperoleh kasih karunia yang membawa kita kepada sebuah janji kelepasan yang penuh dan pemulihan kita yang utuh, sempurna dihadapanNya. Kutuk dari dosa tidak lagi berkuasa atas kita, yang ada hanyalah berkat kehidupan kekal bersamaNya, karena Dia memang menghendaki supaya kita bertemu denganNya, ada sebuah hubungan yang dekat lagi denganNya dan mengalami apa yang sudah Dia sediakan atau rancang sebelum dunia dijadikan.

Apa yang Kristus lakukan di kayu salib adalah sebuah awal dari pergantian identitas bagi kita. Setelah itu ada sebuah proses perjalanan yang harus kita lalui. Seperti yang dikatakan dalam,

Yesaya 48 : 17 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: “Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh.

Dalam perjalanan inilah kita memerlukan Roh Kudus yang membuat kita mengerti apa yang Dia katakan karena Pribadi Roh Kudus tidak berkata-berkata dari DiriNya sendiri tetapi apa yang Bapa katakan tentang Kristus itulah yang Dia nyatakan kepada kita. Karena Dia adalah Roh Kebenaran, seperti yang ada dalam

Yohanes 16 : 13 – 14 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran, sebab Ia tidak akan berkata-kata dari DiriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimaNya dari padaKu

Roh Kebenaran terus menyingkapkan rahasia dari penebusan Kristus. Dia melakukannya sebagai persiapan kedatangan Sang Raja. Roh Kebenaran terus membawa kita kepada identitas kita yang sebenarnya yang ada dalam Yesus Kristus.

Colosians 2 : 8 – 9 (The Passion) Beware that no one distracts you or intimidates you in their attempt to lead you away from Christ’s fullness by pretending to be full of wisdom when they’re filled with endless argument of human logic. For they operate with humanistic and clouded judgments based on the mindset of this world system, and not the anointed truths of the Anointed One. For he is the complete fullness of deity living in human form.

Ephesians 1 : 13 (The Passion) And because of him, when you who are not Jews heard the revelation of truth, you believed in the wonderful news of salvation. Now we have been stamped with the seal of the promised Holy Spirit.

Materai Roh Kudus membawa kita kepada kepenuhan Kristus, tetapi kita harus bekerjasama untuk mengalaminya. Kita harus menutup segala kesempatan bagi semua informasi, budaya yang dibangun dari sistem dunia. Apalagi dengan kondisi pandemi yang sekarang ini, yang bisa mengintimidasi jika kita tidak menjaga kedekatan dengan Tuhan setiap hari. Jangan biarkan manusia roh tertidur, teruslah berjaga dalam meditasi Firman Tuhan supaya kehadiranNya selalu dapat dialami dan identitas kita berpindah dari manusia lama kepada manusia baru yang dicipta kembali dalam Kristus sampai dalam tingkat kedewasaan yang penuh.

Dekade Pey akan menjadi dekade yang penuh kemuliaan. Kemuliaan yang Dia berikan akan menggoncang semua kemuliaan di dalam dunia. Kita akan melihat itu semua kedepannya, ketika RohNya memberikan kelepasan bagi milik kepunyaanNya, dengan penyingkapan tentang salib Kristus yang berlanjut sampai kepada peranan RohNya yang membuat penebusanNya menjadi sebuah kenyataan yang penuh dalam hidup mereka yang menerima penyingkapan dari RohNya.

2 Korintus 3 : 17 – 18 Sebab Tuhan adalah Roh, dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambarNya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Kebangungan rohani sedang dimulai dan begitu besar kedepannya adalah pekerjan Roh Kebenaran yang menyatakan identitas kita yang sebenarnya melalui rahasia yang dibukaNya dari karya penebusan Kristus yang dimeteraikan oleh RohNya sendiri atas kita dan pada saat Dia menyingkapkan rahasia tersebut, maka kita mengalami kemerdekaan penuh, kemuliaanNya yaitu terangNya terlihat di dalam kehidupan kita, tentang  semuanya itu, alam semesta telah menantikannya.

MICHEL WONUA

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *