Roh Kebenaran

Yohanes 14 : 16 -17 Aku akan minta kepada Bapa , dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong  yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran  .  Dunia tidak dapat menerima Dia,  sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu 

Yesus menjanjikan Roh Penolong yaitu Roh Kebenaran.

Yohanes 16 : 13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran,  Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran  ;  sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 

Roh Kebenaran akan memimpin kamu ke dalam seluruh Kebenaran !!

Kata Yesus kepadanya: “Akulah   jalan  dan kebenaran  dan hidup.   Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yesus adalah Jalan Kebenaran dan Hidup dan siapa yang percaya kepada Nya akan memperoleh hidup dan hidup di dalam segala kelimpahan.

Kita tidak mungkin bisa mengenal Tuhan tanpa Roh Kudus . Jelas sekali di katakan bahwa Roh Kudus akan memimpin kita masuk ke dalam seluruh kebenaran. Yesus Kristus adalah kebenaran.

Dan apa yang Roh kudus dengar dari yang Yesus katakan dengan itulah Roh Kudus akan memimpin kita supaya kita mengalami kepenuhan dari kebenaran.

Sekarang kebenaran apa yang dimaksudkan Yesus. Firman Tuhan memang adalah kebenaran tetapi ada yang lebih dalam lagi yaitu rahasia yang ada di dalam Yesus Kristus.

Efesus 3 : 8 – 9 Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus,  telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi   kekayaan Kristus,  yang tidak terduga itu, dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia   yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu,

Paulus adalah orang yang dibukakan untuk menerima rahasia atau kedalaman dari isi hatiNya. Jika kita perhatikan Injil yang Paulus beritakan sampai ke bangsa bangsa lain adalah Injil kasih karunia. Manifestasi kasih karunia yang paling nyata adalah penebusan atau berita Paskah.

Berita Paskah adalah kebenaran yang disertai dengan fakta, sehingga bagi mereka yang benar-benar percaya maka akan menerima keselamatan. Di jaman Perjanjian Lama berita Paskah adalah bagaimana Tuhan menebus Bangsa Israel dari perbudakan Mesir dan membawa mereka keluar menuju kepada tanah perjanjian.dan faktanya sampai sekarang Bangsa Israel adalah bangsa yang luar biasa dan menjadi bangsa yang tidak bisa diperbudak oleh apapun juga.

Untuk kita bisa mengalami fakta dari kebenaran atau kedalaman isi hati Tuhan maka kita harus menyambut Roh Kudus.

Cara kita menyambut Roh Kudus bukan hanya kita berdoa didalam roh tetapi bagaimana kita dituntun untuk hidup terus bersama dengan Dia sampai kita masuk di dalam kebenaran. Ingat Yesus adalah Kebenaran.

Di dalam kebenaran kita akan hidup dan kitapun akan mengalami kelimpahan dari kebaikanNya.

Pada waktu Pentakosta merupakan momentum dimana pencurahan Roh Kudus adalah fakta dari kebenaran dimana Yesus berkata Aku harus kembali kepada Bapa Ku supaya Roh yang di janjikan itu akan turun. Pada waktu Pentakosta hal itupun tergenapi. Roh Kudus tercurah.

Hanya melalui Roh Kudus kitapun akan mengalami fakta dari kebenaran, supaya kita menjadi saksiNya dan melalui kita Nama Tuhan dimuliakan. Roh Kudus juga disebut sebagai Roh Kasih Karunia.

Percayalah pada waktu kita menerima penyingkapan dari rahasia yang ada di dalam Yesus Kristus, maka kehidupan kita akan mengalami kemerdekaan demi kemerdekaan dan Kemuliaan Tuhan pasti akan memenuhi kita,

Sekarang, kita harus kembali menyambut Roh Kudus lebih lagi, supaya kebenaran yang kita terima menjadi daging atau menjadi kenyataan.

DEBORAH NANLOHY

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *