Menuju Masa Depan

Tuhan menciptakan kita supaya kita berjalan bersama dengan Dia. Di awal penciptaan Tuhan sangat menikmati perjalananNya dengan Adam. Pada waktu Tuhan berjalan bersama dengan Adam, Tuhan memberikan otoritas kepadanya supaya Adam dapat menguasai bumi. Tetapi setelah Adam jatuh ke dalam dosa maka semua keadaan yang baik berubah menjadi tidak baik, dosa mulai berkuasa dan manusia jauh dari Tuhan.

Akibat dari dosa membuat manusia hilang otoritas dan manusia tidak lagi berjalan bersama Dia, dan hal inilah yang membuat manusia tidak pernah mengetahui bahwa Tuhan menyediakan masa depan untuk manusia. Dosa sudah membutakan mata manusia. Kehidupan manusia hanya menjadi orang yang beragama Kristen dan bergereja lalu terlibat di dalam pelayanan tetapi dosa tetap saja menguasai manusia.

Sebelum dunia diciptakan Tuhan sudah memiliki rancangan atas orang orang pilihanNya dan rancangan Tuhan sangat jelas bahwa Dia menyediakan masa depan yang penuh dengan harapan.

Yeremia 29 : 11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan   apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera  dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan  yang penuh harapan.

Jika Tuhan sudah memberikan masa depan untuk kita maka ada perjalanan yang harus kita lalui sehingga kita sampai ke masa depan. Untuk kita berjalan dan tiba di masa depan yang sudah Tuhan berikan, kita memerlukan Roh Kudus. Karena hanya Roh Kudus saja yang dapat membawa kita sampai kepada masa depan.

Yohanes 16 : 13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran,   Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran  ;  sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Jelas sekali di katakan bahwa Roh akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Kita harus mengerti bahwa Roh Kebenaranlah yang akan memimpin kita masuk kedalam seluruh rancangan Tuhan. Dia merancangkan masa depan kita di dalam kebenaranNya.

Pada waktu Bangsa Israel berjalan menuju Tanah Perjanjian dalam perjalanan di padang gurun jelas sekali mereka melihat pimpinan Tuhan melalui tiang awan dan tiang api. Selama di padang gurun Bangsa Israel tidak kekurangan bahkan dalam kesetiaanNya Bangsa Israel diberi makan setiap hari dengan cara yang supranatural. Bahkan merekapun dibuat kaya seketika pada saat mereka keluar dari Mesir.

Waktu Tuhan membawa masuk kita untuk ada di dalam rancanganNya, ketahuilah Dia sudah menyediakan semua yang kita perlukan.

Jika Tuhan sudah menyediakan semua untuk kita, bagaimanakah dengan kita sendiri, apakah kita sudah mengetahui bahwa masa depan kita itu luar biasa? Tuhan menciptakan manusia dengan tujuan. Jika tidak ada tujuan maka tidak akan ada penebusan.

Tiang awan dan tiang api dipakai Tuhan untuk membawa Bangsa Israel masuk ke tujuan yang sudah Tuhan janjikan kepada Abraham. Oleh sebab itu, tidak pernah manusia berjalan sendiri di dalam menggenapi rencanaNya. Dia sudah memberikan penolong bagi kita yaitu Roh Kudus.

Pada waktu kita berjalan bersama dengan Roh kudus maka Roh Kuduslah yang akan menuntun kita  terus menerus, Roh Kudus yang akan menyingkapkan hal-hal yang yang harus kita kerjakan dan semua yang harus kita tanggalkan, bahkan bersama Roh Kudus, maka kegelapan atau masalah yang seperti apapun kita alami  tidak bisa menghalangi perjalanan kita.

Jika kita mengerti siapakah Roh Kudus dan menyambutNya setiap hari maka Dia yang akan menolong kita supaya kita dapat terus berjalan sampai kita menggenapi rancanganNya, dan selama kita berjalan bersamaNya kita tidak akan pernah merasa lelah, persoalan apa saja boleh ada tetapi saat kita bersama Roh Kudus pasti bisa melewatinya. Seperti yang dikatakan dalam firman Tuhan yang menyatakan bahwa kita adalah orang yang lebih dari pemenang, maka hal itu akan terjadi.

Bersama Roh Kudus kita akan sampai ke masa depan dengan kemenangan.

Haleluya.

DEBORAH NANLOHY

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *