Waktu Tuhan

Yeremia 29 : 11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan  apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera  dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan  yang penuh harapan.

Tuhan memiliki rancangan bagi milik kepunyaanNya dan tidak ada yang dapat menggagalkan rancanganNya atas mereka yang menjadi milik kepunyaanNya.

Tuhan mempunyai waktuNya untuk menggenapi semua rancanganNya. Yang harus kita ketahui bahwa kapan waktunya, Tuhan menggenapi rancanganNya itu.

Banyak dari kita tidak mengetahui mengenai waktu Tuhan, sebab jika waktu Tuhan telah tiba atas kita maka apa yang menjadi janjiNya akan tergenapi.

Karena hal inilah maka Iblis tidak suka jika kita mengetahui dan memahami bahkan tinggal di dalam waktu Tuhan.

Banyak orang Kristen berkata semua akan indah pada waktuNya. Tetapi mereka tidak tahu kapan waktuNya akan terjadi di dalam kehidupan mereka.

Tuhan tidak pernah berbicara dengan sembunyi karena Dia adalah Allah dan tidak ada yang tersembunyi dalam diriNya seperti yang tertulis di dalam,

Yesaya 48 : 16 Mendekatlah  kepada-Ku, dengarlah  ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi  dan pada waktu hal itu terjadi Aku ada di situ.

Dia berfirman untuk hal yang jauh kedepan dan pada saat waktuNya tiba maka perkataanNya pasti tergenapi karena Dia yang berfirman sudah ada di masa depan.

Untuk mengetahui kapan waktuNya, kita harus terhubung dengan Bangsa Yahudi dalam semua perayaan mereka yang sudah ditetapkan oleh Tuhan melalui Musa, juga dengan semua tahun mereka.

Bangsa Israel memiliki tujuh hari raya:

  1. Paskah (Pesakh) – Imamat 23 :5
  2. Roti Tidak beragi (Chag Ha Motzi) – Imamat 23 :6
  3. Buah Sulung (Reshit Katzir) – Imamat 23 :16
  4. Pentakosta (Shavuot) – Imamat 23 :16
  5. Peniupan Shofar (Yom Teruah) – Imamat 23:24
  6. Pendamaian (Yom Kippur) – Imamat 23 :27
  7. Pondok Daun (Sukkot) – Imamat 23 :34

Dari tujuh hari raya di jadikan tiga hari raya yaitu Paskah, Pentakosta dan Pondok Daun.

Di setiap perayaan, Tuhan selalu memberikan tuntunan untuk Bangsa Isarel, dan tuntunanNya selalu membawa bangsa ini supaya terus ada di dalam rancanganNya.

Jika kita ada di dalam waktu Tuhan maka tidak ada yang bisa menghalangi rancanganNya atas kita.

Bangsa Israel dapat keluar dari Mesir karena sebelumnya Tuhan sudah berjanji kepada Abraham dan tiba pada waktunya pada saat Musa hadir, Tuhan menggenapi FirmanNya.

Pada waktu yang sudah Tuhan tetapkan maka tidak ada kekuatan apapun yang bisa menghalangi waktuNya. Sejarah keluarnya mereka dari Mesir inilah yang kita sebut dengan Paskah.

Pada waktu para nabi bernubuat tentang kelahiran Yesus di dalam Perjanjian Lama, maka tiba waktu yang sudah ditentukan untuk Yesus harus lahir walaupun saat itu terjadi hal yang sangat mengerikan, tetapi karena waktu Tuhan sudah tiba maka nubuatan harus digenapi.

Jika kita tidak mengetahui waktuNya maka kita tidak akan pernah tahu rancangan Tuhan, apalagi dalam situasi sekarang ini dimana dunia semakin gelap, keadaan semakin memburuk dan dunia tidak bisa menjanjikan masa depan bagi kita, lalu apa yang akan kita lakukan di masa seperti ini? Kita harus terhubung dengan waktu atau perayaan-perayaan Bangsa Yahudi.

Karena setiap mereka merayakan perayaan pasti ada perkataanNya yang akan Tuhan genapi. Ketika kita ada mengikuti tahun-tahun Bangsa Israel, kitapun akan mengalami kehidupan kekristenan yang lebih progress. Kita akan mengalami apa yang dikatakan oleh FirmanNya bahwa kita akan menjadi kepala dan bukan ekor, kita akan tetap naik dan bukan turun (Ulangan 28 : 13) karena di setiap tahunnya  Tuhan selalu melepaskan FirmanNya yang akan membawa kita semakin naik.

Jika kita sungguh mengerti akan hal ini betapa sangat pentingnya semua perayaan dan tahun Bangsa Yahudi, maka kitapun akan terus terkoneksi dengan mereka supaya berkat yang diterima oleh mereka menjadi berkat yang sama yang akan kita terima.

Tentunya bukan hanya berkat jasmani saja yang akan kita terima tetapi kita akan mendapat tuntunanNya supaya kita dapat masuk ke dalam rancanganNya yang sempurna. Hanya dalam rancanganNya kita akan mendapat perlindungan dan masa depan yang penuh dengan harapan.

DEBORAH NANLOHY

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *