Pengenalan Akan Tuhan (Bag. 2)

Perubahan yang penting yang TUHAN rindukan dari kita adalah perubahan cara berpikir, respon dan attitude kita. Ini yang TUHAN mau terjadi dalam kita supaya dapat mengalami perjalanan yang Dia berikan di musim yang baru ini. Percayalah apa yang Firman TUHAN sampaikan itu tidak pernah gagal. Firman TUHAN itu ya dan amin. Firman TUHAN itu sebuah keputusan yang pasti. Jadi apabila Dia memberikan FirmanNya maka sebenarnya Dia memberikan keputusan yang pasti untuk perjalanan kita. Dia tidak pernah berdusta.

Yesus pernah berkata bahwa Dialah jalan itu. Dia menebus kita dengan darahNya, selanjutnya kitapun harus percaya bahwa Dia tidak hanya menyediakan penebusan, tetapi Dia juga menyediakan jalan karena Dia adalah jalan itu sendiri. Ketika kita percaya akan penebusanNya maka Dia akan memberikan jalan untuk kita lalui. Namun, sekali lagi saya mau katakan untuk kita berjalan di jalan yang TUHAN sediakan kita tidak bisa berjalan dengan pengertian kita sendiri. Berjalan dengan kekuatan dan kemampuan kita sendiri bahkan pengalaman kita. Tidak bisa seperti itu. Karena apa yang akan kita lakukan adalah kita berjalan dalam kekuatan manusiawi kita sendiri. Lalu bagaimana caranya? Kita harus menyambut Roh Kudus. Karena hanya Roh Kuduslah yang mampu membawa kita kepada jalan yang TUHAN  sediakan.

Saudara bayangkan apabila sudah mengikuti artikel-artikel yang kami lepaskan sejak beberapa waktu yang lalu. Jika melihat dari kalender TUHAN, kita sudah berada di akhir zaman. Menurut kalender Ibrani 5780, apa yang dibukakan oleh TUHAN bahwa Firman TUHAN itu ketika kita selaraskan FirmanNya itu tidak bisa terpisah dengan kalender-kalender perayaan Yahudi. Apabila kita membaca Firman TUHAN (Alkitab), peganggan kita, maka itu harus terkoneksi dengan perayaan-perayaan Yahudi. Karena dari situlah iman kekristenan kita muncul, ada tuntunan yang jelas. Kita harus mulai belajar tentang tahun-tahun perayaan yang ada pada mereka, karena memang berbeda sekali dengan tahun-tahun yang kita ikuti. Tahun mereka, 5780 memiliki pesan yang sangat dalam di dalamnya. Dan apa yang sudah saya sampaikan kepada saudara semua yang telah mengikuti perjalanan Firman yang sudah saya sampaikan maka kita mengerti bahwa tahun 2020 ini (Kalendar Gregorian) atau menurut Kalender Ibrani ini adalah tahun 5780. Sementara arti dari tahun 5780 ini berbicara tentang era permulaan baru, dan era itu dimulai dari Firman. Apabila era permulaan baru dimulai dari Firman maka kita bukan hanya menyambut Firman melainkan kita juga harus menyambut Roh Kudus. Karena YESUS berkata bahwa Firman dan perkataan-perkataanNya adalah roh. Jadi jika kita selaraskan sekarang ini, kita merenungkan Firman setiap hari dan jika kita terhubung dengan kalender Yahudi 5780 yang adalah permulaan yang baru dimana didalamnya ada Firman.

Ingat, pada mulanya adalah Firman

Yohanes 1 : 1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Jadi apabila disebut pada mulanya adalah Firman, maka menurut Kalender Ibrani juga di tahun yang sekarang 5780 ini juga berbicara tentang tahun yang disebut tahun permulaan yang baru maka kita tidak dapat berjalan dengan kekuatan kita sendiri. Jika kita berjalan dengan kekuatan kita sendiri maka kita tidak dapat melihat apa yang Firman TUHAN sediakan. Kita memiliki pegangan yaitu Firman TUHAN. Sebab Firman TUHAN itu adalah pegangan hidup yang pasti.

Alkitab berkata bahwa Firman itu adalah roh.

Yohanes 6 : 63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

Apabila kita membaca Firman tanpa kita melibatkan Roh Kudus maka benar bahwa Firman yang kita bacapun hanyalah sebuah tulisan biasa. Tetapi ketika kita melibatkan Roh Kudus maka Firman itu akan menjadi hidup, dan kalau kita betul-betul mengundang Roh Kudus dalam perjalanan kita sehari-hari termasuk pada hari ini maka kita akan melihat bagaimana Roh Kudus itu akan menuntun kita untuk berjalan diatas FirmanNya itu sendiri sehingga akan ada banyak hal yang harus kita tanggalkan, sisihkan.

Jikalau kita mau berjalan di dalam jalan TUHAN, berarti kita hanya bisa mendengar dari Firman. Tidak lagi membuka diri kita untuk mendengar informasi dari luar. Karena sekali kita menentukan pilihan, untuk kita berjalan di dalam Firman maka kita hanya akan mendengar apa yang Firman TUHAN sampaikan. Firman TUHAN menjadi lebih jelas melalui kehadiran Roh Kudus.

Apa yang terjadi ketika kita berjalan di dalam jalan TUHAN? Kita tidak akan lagi mendengar nasehat yang ada di dalam dunia melainkan kita hanya mendengar nasehat yang dari Firman yang adalah Roh Kudus dan pengenalan akan TUHAN itu akan mulai dibukakan. Selanjutnya kita akan mulai bangun suatu gaya hidup yang berbeda. Karena pengenalan akan TUHAN tidak langsung terjadi begitu saja. Dalam perjalanan tersebut jika kita mau mengalami pengenalan akan TUHAN, kita perlu merenungkan Firman yang tertulis dan kita mulai belajar menyambut Roh Kudus.

Bagaimana caranya kita menyambut Roh Kudus? Roh Kudus itu akan semakin jelas dan nyata ketika Dia disambut di dalam kehidupan penyembahan yang kita miliki, karena Roh Kudus suka dengan penyembahan. Jadi pada waktu kita mulai menyembah TUHAN sambil berkata, “Roh Kudus aku mau menyambut Engkau”. Ketika kita mulai menyembah TUHAN, Roh Kudus akan hadir disitu dan peranan Roh Kudus tentu akan membuat Firman TUHAN itu hidup. Ketika FirmanNya sudah semakin hidup maka FirmanNya akan berbicara pribadi kepada kita, tentang semua hal apa saja yang tidak bisa kita pakai lagi dalam perjalanan di jalan TUHAN. Adakalanya kita berpikir dengan cara-cara yang lama, tetapi ketika Roh Kudus sudah hadir, Firman menjadi hidup disitu dan akan berbicara secara pribadi kepada kita tentang hal-hal yang tidak bisa kita ikuti lagi. Cara berpikir dan sikap kita harus berubah. Roh Kudus akan mengajar kita untuk tidak lagi mendengar informasi yang dari dunia mengenai apa saja. Saya katakan apa saja. Jikalau saudara mengalami kesulitan keuangan, dengarkan apa yang Firman ajarkan karena pasti apa yang disebut penyelarasan hidup itu tidak sekali jadi tetapi seiring dengan perjalanan Saya mau katakan bahwa penyelarasan itu indah. Dalam perjalanan kita pasti ada perjalanan yang terjadi karena penyelarasan, itulah pengenalan akan TUHAN. Semakin kita mengenal Dia, semakin kita berjalan bersama Dia, lewat Firman dan kehadiran Roh Kudus maka penyelarasan itu semakin nyata dalam kehidupan kita. Ketika kita kerjasama dengan penyelarasan itu barulah kita akan mengalami sesungguhnya perjalanan yang dasyhat, penuh dengan anugerah dan kasih setia. Bahkan mujizat yang TUHAN sediakan.

Melalui artikel ini saya mau sampaikan kepada setiap saudara, mari bukalah hatimu karena pengenalan akan TUHAN itu akan ada seiring dengan Firman dan penyembahanmu, sehingga Roh Kudus akan berbicara hati ke hati kepadamu supaya hidup kita betul-betul 100% di dalam penyelarasan. Dari situlah kita akan mulai mengalami apa yang disebut sebagai mengalami kebaikan TUHAN. Saya pun memiliki pengalaman penyelerasan dari waktu ke waktu seiring dengan perjalanan saya. Bukan karena saya dari garis keturunan keluarga Kristen kemudian orang tua saya seorang gembala. Tetapi saya sendiri punya keputusan untuk saya mengalami TUHAN. Kita harus memiliki keputusan pribadi. Apa yang saya mau saksikan kepada Anda semua adalah keputusan yang saya ambil setiap hari, tidak sekali. Keputusan pribadi yang saya ambil setiap hari adalah untuk merenungkan Firman. Keputusan saya setiap hari adalah berjalan bersama Roh Kudus. Keputusan saya setiap hari adalah untuk melakukan penyelarasan. Dan tentunya setiap hari ada berkat yang TUHAN sediakan.

Ada satu hal yang disebut blessing in this guy (berkat yang tersamar, terselubung). Apakah itu kecil, besar itu selalu tersedia setiap hari. Saya mengalami setiap hari ada berkat yang apabila kita tidak benar-benar perhatikan maka kita tidak akan melihat berkat itu. Namun ketika kita sungguh-sungguh berjalan bersama DIA maka kita akan melihat berkat terselubung itu secara nyata. Kemudian hidup kita akan penuh dengan ucapan syukur karena ternyata kita tidak pernah sendiri dalam perjalanan kita. TUHAN tahu keadaan kita, kebutuhan kita, permasalahan hidup kita dan Dia mau menyatakan DiriNya kepada kita. Ada Dia, ada FirmanNya, ada kehadiranNya yang selalu menyertai kita.

Yang menjadi persoalannya adalah kitalah yang tidak membuka koneksi dengan Dia. Kita yang tidak membuka hubungan dengan Dia, kita tidak memberi diri untuk mendengar apa yang TUHAN katakan sehingga kita dikuasai oleh ketakutan, kepanikan.

Melalui artikel ini saya mau sampaikan sebenarnya dalam kehidupan ini yang sangat berbahagia adalah kita. Kenapa? Karena TUHAN yang kita sembah, Pencipta langit dan bumi yang menciptakan langit dan bumi dengan FirmanNya. Kemudian langit dan bumi itu diberikan kepada kita, dan itu merupakan Firman yang absolut, tepat, tidak ada dusta di dalamnya. Firman yang dinyatkanNya adalah keputusan yang pasti karena DIA menciptakan alam semesta tanpa keraguan. Pada waktu Dia berbicara maka perkataanNya jadi tanpa keraguan. Bayangkan dari Firman dengan kehampaan, tidak ada keraguan di dalamnya dan begitu Firman dilepaskan maka penciptaan itu terjadi. Bagaimana dengan kehidupan Anda dan saya? Kenapa Firman seolah-olah tidak ada kuasanya lagi? Kenapa Firman tidak ada mujizat? Karena Firman sudah tergantikan dengan pendapat manusia. Sementara pendapat manusia sudah tercemar. Ketika Firman sudah tergantikan dengan pendapat manusia maka disitu kita melihat Firman TUHAN sudah tidak ada kuasanya lagi.

Pendapat manusia itu banyak saudara, lewat media, teman / sahabat, bahkan dokter. Kuasa Firman itu akan turun bukan karena FirmanNya yang menurunkan kuasaNya, tetapi pengertian kitalah yang membuat Firman menurunkan kuasaNya. Karena Firman TUHAN tidak pernah berubah melainkan cara berpikir kitalah yang membuat kuasa firman itu menjadi turun.

Oleh karena itu saudara harus memiliki keputusan setiap hari. Bahwa saudara tidak lagi berjalan dengan kekuatan sendiri, bergaul bersama Roh Kudus karena ketika saudara bergaul bersama Roh Kudus maka akan terjadi penyelarasan dalam hidup saudara dan akan menanggalkan cara-cara hidup yang lama, karakter manusia lama yang sudah melekat begitu lama dalam hidup kita.

Jadi, semuanya dimulai dari kita untuk kita belajar mengenal DIA melalui pergaulan kita bersama Roh Kudus.

Kita sedang berada di permulaan yang baru, tahun 5780. TUHAN mau agar kita betul-betul mengalami mujizatNya dan diberkati bukan karena kekuatan manusia. TUHAN mau kita diberkati oleh karena Firman dan kehadiran RohNya. Namu itu semua bergantung kepada keputusan kita. Oleh sebab itu, mari bangun dirimu dan berjalan bersama Roh Kudus maka Firman itu akan hidup.

Kumpulan live streaming oleh Ps. TIMOTHY PARENGKUAN dan ditulis ulang oleh EMMA CHRISTINE

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *